Kamis, 05 April 2012

Arti Sebuah Organisasi dan Kwalitas SDM

Pengertian organisasi menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Organisasi dibentuk secara sadar untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Organisasi dibentuk karena adanya kebutuhan bersama dalam mencapai tujuan bersama.
Organisasi dibentuk karena adanya kebutuhan bukan dibentuk karena adanya kepentingan.
Pembentukan organisasi disektor publik seringkali bermuatan kepentingan dari kelompok-kelompok tertentu. Hal ini lah yang mengakibatkan organisasi yang terbentuk menjadi tidak ideal untuk mencapai tujuan organisasi itu sendiri.
Disisi lain kualitas Sumber Daya Manusia sebagai komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam menjalankan organisasi merupakan unsur yang memegang peranan penting dalam menjalankan organisasi dan pencapaian daripada tujuan organisasi. Profesionalisme, dedikasi, loyalitas ,tingkat pendidikan formal yang memadai memegang pengaruh yang dominan dalam menjalankan organisasi.
Organisasi yang ideal dan kualitas sumber daya manusia memegang peranan yang penting dalam berorganisasi dan pencapaian tujuan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar